Perbedaan antara Gorden dan Vitrase: Manfaat dan Bahan Kain

Gorden dan vitrase adalah dua jenis penutup jendela yang umum digunakan untuk mempercantik tampilan ruangan dan memberikan keuntungan fungsional tersendiri. Meskipun keduanya berfungsi sebagai penutup jendela, terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.

Perbedaan Gorden dan Vitrase

1. Dilihat dari Desain

  • Gorden: Gorden biasanya terbuat dari kain tebal dan digantung di atas jendela untuk memblokir cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Gorden seringkali memiliki motif dan desain yang beragam, dengan berbagai pilihan warna dan tekstur.
  • Vitrase: Vitrase merupakan kain tipis yang biasanya dipasang di bawah gorden atau sebagai penutup jendela tunggal. Vitrase dirancang untuk memfilter cahaya matahari tanpa sepenuhnya memblokirnya, sehingga tetap memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam ruangan.

2. Dilihat dari Fungsi

  • Gorden: Gorden berfungsi utama sebagai penutup jendela untuk memberikan privasi dan mengontrol pencahayaan ruangan. Selain itu, gorden juga dapat digunakan sebagai elemen dekoratif untuk menambah kesan elegan pada interior rumah.
  • Vitrase: Vitrase berfungsi sebagai pelengkap gorden, memberikan sentuhan yang lebih halus dan empuk pada tampilan jendela. Vitrase juga dapat membantu menambah suasana cerah dan hangat dalam ruangan.

3. Dilihat dari Bahan Kain

  • Gorden: Bahan kain yang umum digunakan untuk membuat gorden antara lain polyester, katun, linen, atau sutra. Kain yang digunakan untuk gorden biasanya tebal dan dapat menahan sinar UV secara efektif.
  • Vitrase: Vitrase biasanya terbuat dari kain tipis seperti organza, voile, atau chiffon. Kain yang digunakan untuk vitrase lebih transparan dan ringan, sehingga tetap membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan.

4. Dilihat dari Manfaat:

Gorden

1. Memberikan privasi yang lebih baik.
2. Mengontrol pencahayaan ruangan.
3. Menambah nilai estetika pada interior rumah.

Vitrase

1. Memfilter cahaya matahari dengan lembut.
2. Menambah efek anggun dan halus pada penampilan jendela.
3. Menciptakan atmosfer yang hangat dan menyenangkan dalam ruangan.

Dengan mengetahui perbedaan antara gorden dan vitrase beserta manfaat dan bahan kain yang digunakan, Anda dapat memilih kombinasi yang tepat untuk menciptakan tampilan jendela yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Proudly powered by WordPress | Theme: Cute Blog by Crimson Themes.